Trend: Petugas Pengirim Motor Yang Tak Kenal Waktu

Petugas Pengirim Motor Yang Tak Kenal Waktu


Bandung, KompasOtomotif â€" Tanggung jawab petugas pengiriman motor atau biasa disebut delivery man ternyata cukup berat. Tak sekadar mengirim motor pesanan, tapi mereka juga berperan sebagai penjaga keberlangsungan hubungan antara konsumen dan diler.

Prinsip ini dijaga PT Daya Adicipta Motora (DAM) sebagai distributor sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat. Jaringan resmi Honda di wilayah itu yg mencapai 224 diler sudah memiliki 367 delivery man. Mereka dilatih khusus bagi terus memberi pelayanan terbaik untuk pelanggan.

”Ini menjadi salah sesuatu layanan. Kami mengembangkan delivery man Honda agar bisa memberikan layanan tulus, mengantar sepeda motor dalam keadaan prima, bersiap dikendarai, sehingga konsumen puas dan menjadi pelanggan loyal,” kata Fenny Hasibuan, GM Honda Customer Care Center DAM.

Tentu, di balik itu semua, ada kisah unik yg dialami para petugas pengantar itu. Seperti kisah Victor L Raprapdari dari Setia Anugrah Motor, Bogor. Pengalaman paling berkesan adalah saat harus melakukan pengiriman ke konsumen yg meminta buat dikirim sesuai waktu yg telah konsumen tentukan, merupakan pukul 03.00 WIB dini hari.

”Harus siap, karena telah menjadi tugas. Tidak cuma motor yg dikirimkan dalam keadaan prima yg menjadi perhatian konsumen, tapi juga penampilan,” ujar Victor.

Tak terkecuali cerita Sigit dari Tunas Dwipa Matra, Bekasi, yg mengantarkan motor ke Gedung Samudera di Jakarta. Ternyata konsumennya adalah seorang artis bernama Gilang Dirga.

Cerita yang lain tiba dari David Eka dari Astra International Bandung. Saat awal berkerja pada 2003 menjadi delivery man, dia belum paham betul nama-nama daerah dan program ”Beli Hari Ini, Kirim Hari Ini”.

”Kebetulan ada konsumen tiba ke diler sekitar pukul 14.00 WIB buat membeli sesuatu unit Honda Karisma. Lalu kalian proses dan baru selesai sekitar pukul 16.30 WIB, segera dikirim ke rumah konsumen di Pangalengan berbatasan dengan Kabupaten Garut dengan keadaan jalanan rusak. Kami  tiba di lokasi malam hari sekitar pukul 22.00 WIB,” ujar David.

Demi memberikan motivasi dan apresiasi, sekaligus mendorong peningkatan keterampilan delivery man agar mampu melayani konsumen dengan baik, sejak 2012 DAM menggelar Kontes Layanan Honda Regional Jawa Barat setiap tahun. Kontes ini tak cuma diikuti oleh Delivery Man, tapi juga frontliner, dan pimpinan jaringan.


Sumber:
http://otomotif.kompas.com/read/2016/10/17/172600615/petugas.pengirim.motor.yang.tak.kenal.waktu

SHARE

akostader

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar