10 Larangan Setelah Selesai Makan



Apa anda tahu bahwa sebenarnya ada beberapa larangan setelah kita selesai makan? Gue juga awalnya gak tahu kalau ada larangan-larangan untuk dilakukan setelah selesai makan, tapi tanpa disengaja gue ngebaca beberapa artikel di internet mengenai larangan setelah makan. Jadi apa aja larangannya? Langsung ayo kita simak bersama-sama:

1 . Makan Buah-buahan
Gue barau tahu kalau langsung makan buah setelah makan itu gak baik buat kesehatan, kenapa ya? Alasannya karena, setelah makanan masuk ke lambung, lambung membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam untuk mencerna. Jika selesai makan langsung makan buah, buah akan terhambat oleh makanan yang belum selesai dicerna dan akibatnya buah-buahan tidak bisa dicerna dengan baik. Maka dari itu akan menyebabkan gejala perut kembung, diare atau susah buang air besar dan gejala lainnya.

2 . Minum Teh
Minum teh setelah selesai makan dapat mengencerkan asam lambung, akibatnya mengganggu pencernaan makanan. Selain itu, teh memiliki kandungan tanin (asam tanat) yang tinggi. Jika kita minum teh setelah selesai makan, akan membuat protein yang belum sempat dicerna lambung diserap dengan asam tanat dan membentuk sedimen yang tidak mudah dicerna, sehingga mengganggu serapan protein. Teh juga dapat menghambat serapan zat besi, jika ini berlangsung lama dapat terjadi gejala anemia karena kurang zat besi.

3 . Merokok
Bahaya merokok sehabis makan lebih besar 10 kali lipat dari biasanya. Ini dikarenakan peredaran darah pada saluran pencernaan sehabis makan meningkat, akibatnya kandungan dalam rokok ikut diserap dengan jumlah yang cukup besar, sehingga bisa merusak hati, otak besar dan pembuluh darah jantung dan menyebabkan penyakit lainnya.

4 . Mandi
Mandi sehabis makan dapat mengakibatkan volume aliran darah pada permukaan tubuh meningkat dan volume aliran darah pada saluran usus dan lambung berkurang, sehingga membuat fungsi pencernaan usus lambung melemah, dan menyebabkan terganggunya pencernaan.

5 . Mengendorkan Ikat Pinggang
Mengendorkan ikat pinggang setelah makan, meskipun terasa nikmat, tapi ternyata hal tersebut dapat mengakibatkan turunnya tekanan dalam rongga perut, memaksa lambung turun (terjuntai). Jika kebiasan tersebut terus dilakukan, dapat mengakibatkan anda mengidap lambung turun (hernia).

6 . Berjalan-jalan
Berjalan-jalan sehabis makan, akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan dengan baik. Selain itu dapat mengakibatkan fungsi jantung melemah dan penyempitan pembuluh darah.

7 . Bernyanyi
Setelah makan isi lambung kita akan membesar, dinding lambung menjadi tipis, volume aliran darah meningkat. Dengan demikian, bernyanyi dapat membuat sekat ronga badan pindah ke bawah dan beban rongga perut bertambah. Hal ini dapat membuat percenaan menjadi tidak baik

8 . Mengemudikan Kendaraan
Sehabis makan lambung dan usus membutuhkan sejumlah besar darah dalam mencerna makanan, mengakibatkan organ otak besar kekurangan darah untuk sementara waktu, sehingga dengan demikian dapat menyebabkan kesalahan operasional. Hal ini juga dapat menyebabkan anda akan rawan dengan kecelakaan lalu lintas.

9. Langsung Tidur
Hal yang paling sulit untuk dihindari sehabis makan adalah rasa ngantuk. Apalagi jika makanan yang baru saja dikonsumsi sangat memuaskan perut alias sangat mengenyangkan. Namun, cobalah untuk tidak langsung tidur. Karena tidur setelah makan akan membuat makanan tidak dapat dicerna dengan baik. Akibatnya, usus mengalami kembung dan terjadi peradangan.

10. Minum Air Dingin
Hal yang banyak gak disadari oleh orang-orang adalah minum air dingin. Suhu dingin dari es yang dicampur dengan air dapat membekukan makanan, terutama yang mengandung minyak (lemak). Sehingga pada akhirnya lemak itu bisa tertimbun dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan dan menyebabkan kegemukan.
SHARE

akostader

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar